5 Tips Gaya Hubungan Masa Menopause Tetap Nyaman

5 Tips Gaya Hubungan Masa Menopause Tetap Nyaman



 - Setelah menopause, hubungan intim pasangan biasanya bakal mengalami perubahan signifikan.

Aktivitas seks yang sebelumnya menyenangkan, bakal sedikit menemui ganjalan dan kurang nyaman.

Kondisi ini dipengaruhi perubahan drastis hormon estrogen di dalam tubuh wanita. Perubahan ini biasanya dimulai beberapa tahun sebelum wanita mati haid atau menopause.

Sebelum menyimak beberapa kiat hubungan intim setelah menopause agar tetap nyaman, kenali dulu beberapa problem seksual yang dihadapi wanita selepas mati haid.

Problem hubungan intim setelah menopause

Dilansir dari Johns Hopkins Medicine, perubahan hormon sebelum sampai setelah menopause bisa memengaruhi hubungan intim pasangan. Beberapa masalah yang sering dikeluhkan, antara lain:

  • Gairah seks menurun
  • Lebih susah terangsang
  • Vagina kering dan lebih kaku
  • Hubungan seks terasa sakit atau kurang nyaman
  • Lebih susah orgasme

Beberapa problem di atas bakal lebih parah seiring bertambahnya usia. Terlebih jika wanita memiliki penyakit kronis, cedera, atau gangguan kesehatan lain yang praktis memengaruhi hubungan seks dengan pasangan.

Meskipun ada beberapa masalah saat berhubungan intim setelah menopause, bukan berarti Anda tidak bisa menikmati kemesraan dengan pasangan. Simak beberapa kiatnya berikut ini.

Tips hubungan intim setelah menopause

Ada banyak tips hubungan intim setelah menopause agar tetap nyaman bersama pasangan. Dilansir dari WebMD, berikut beberapa di antaranya:

  • Gunakan pelumas yang pas

Vagina kering perlu dilumasi dengan lubrikan yang bisa membantu menjaga kelembapan vagina. Tapi, pastikan wanita memilih jenis yang tepat.

Gunakan pelumas berbasis air atau silikon. Hindari pelumas yang mengandung gliserin, paraben, propilen glikol, klorheksidin, pewangi, atau perasa. Hindari pemakaian pelumas petroleum jelly, mineral, minyak zaitun, dan baby oil karena bisa menyebabkan iritasi atau alergi.


Posting Komentar

Semoga Informasi artikel bermanfaat untuk pembaca

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال